Kwarcab Kabupaten Bandung Gelar Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) 2024

- Jurnalis

Jumat, 18 Oktober 2024 - 18:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Kak Hj. Emma Dety bersama peserta Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) di Baleendah. Jumat (18/10/2024).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Kak Hj. Emma Dety bersama peserta Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) di Baleendah. Jumat (18/10/2024).

Infobandungnews.com – Ratusan Pramuka berkebutuhan khusus (PBK) tumpah ruah di halaman Sekretariat Kwarcab Kabupaten Bandung di Baleendah, dalam kegiatan yang bertajuk Unjuk Kabis Pramuka Berkebutuhan Khusus tahun 2024 pada Jumat (18/10/2024).

Kegiatan yang berlangsung sekitar 6 jam ini diikuti Pramuka berkebutuhan khusus (PBK) yang berbasis di Sekolah Luar Biasa maupun sekolah normal yang memiliki siswa berkebutuhan khusus.

Hadir dan membuka acara Unjuk Kabis Pramuka Berkebutuhan Khusus tahun 2024, Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Kak Hj Emma Dety Permanawati,S.Pd.i, M.M. yang didampingi sekretaris 2 Kak Tatan Munandat, Waka bina muda, Waka sarana, sekretaris cabang serta unsur Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung.

Tampak terlihat tamu undangan lainnya Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Kepala Dinas Sosal, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupatem Bandung serta dari Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Kak Hj. Emma Dety dan tamu undangan, berfoto bersama para peserta Unjuk Kabisa PBK 2024

Dalam sambutan Kak Hj. Emma Dety mengatakan ” Saya sangat mengapresiasi adik – adik Pramuka berkebutuhan khusus (PBK) yang luar biasa. Kalian adalah teladan bagi kita semua dalam semangat pantang menyerah, kreatifitas dan rasa syukur senantiasa kalian tunjukan.” Ungkapnya memuji para peserta.

Penampilan tarian dari salah satu peserta Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) tahun 2024

“Kegiatan ini menjadi wujud nyata bahwa gerakan Pramuka kwarcab Kabupaten Bandung selalu terbuka bagi semua kalangan, tanpa membedakan latar belakang atau kemampuan. kalian menunjukkan bahwa dengan semangat dan tekad yang kuat , semua hal dapat dicapai ” ungkap Kak Hj. Emma Dety.

Baca Juga :  Buka DIANPINSAT Pramuka Penegak Dan Pandega Kabupaten Bandung, Dispora : Semoga Bisa Meningkatkan Kualitas Kader Pramuka

Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Kak Hj. Emma Dety, secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan Unjuk Kabis Pramuka Berkebutuhan Khusus tahun 2024.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 6 jam ini peserta diajak untuk melakukan permainan yang menarik dan menantang tentunya yang di isi dengan beragam kemampuan yang bisa menjadi keterampilan bagi mereka, yang di bagi dalam 6 zona diantaranya :

1. Zona Ular Tangga
2. Zona Literasi Cerita
3. Zona Sensori dan tumbuh kembang anak
4. Zona Hasta karya
5. Zona Tanggap Bencana
6. zona Scouting skill.

Kegiatan Unjuk Kabisa Pramuka berkebutuhan khusus ini diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menambah pengalaman bagi mereka.

Disela sela acara Unjuk Kabisa Pramuka berkebutuhan khusus 2024. Ketua Kwarcab Kabupaten Bandung Kak Hj Emma Dety membuka kegiatan JOTA-JOTI dan lounching Super Apps Kwarcab Kabupaten Bandung.

Kegiatan JOTA-JOTI adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Kepanduan Dunia untuk mengajarkan teknologi komunikasi, persahabatan, dan nilai kewarganegaraan masyarakat secara global.

Baca Juga :  Saeful Bachri Membuka Kursus Mahir Dasar Kwaran Majalaya

JOTA-JOTI memungkinkan anak muda dan sukarelawan untuk mengembangkan keterampilan kepanduan secara berkelompok melalui internet dan radio amatir.

Program ini terdiri dari berbagai kegiatan pendidikan non-formal, termasuk webinar, api unggun, pertunjukan bakat, pertunjukan langsung, permainan menyenangkan, bahkan ada perkemahan 3D interaktif.

Sesuai nama kegiatannya, peserta JOTA-JOTI utamanya akan mempelajari hal-hal tersebut melalui teknologi internet dan peralatan radio amatir.

Superapps Pramuka Kabupaten Bandung.

Selain Jota Joti Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Bandung Kak Hj. Emma Dety juga melakukan laounching Superapps Kwarcab Kabupaten Bandung.

Kak Hj. Emma Dety mengajak seluruh anggota pramuka di Kabupaten Bandung untuk terus memanfaatkan media informasi kwarcab Kabupaten Bandung yaitu superapps pramuka Kwarcab Kabupaten Bandung.

Ia berharap superapps menjadi media yang dapat menjadi sumber informasi bagi seluruh anggota pramuka khususnya di Kabupaten Bandung.

” Superapps pramuka Kwarcab Kabupaten Bandung ini adalah aplikasi yang dibuat oleh kwarcab Kabupaten Bandung. Sehingga kita anggota pramuka harus bisa memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai media untuk berbagi informasi baik untuk gugus depan, kwarran, kwarcab hingga ke kwarda bahkan kwarnas”. Tutup Kak Hj. Emma Dety.(Seno)***

Kak Hj. Emma Dety berfoto bersama peserta Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus. Baleendah, jumat(18/1/2024).

 

Berita Terkait

Buka Musyawarah Ranting Margahayu, Ini Pesan Saeful Bachri Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Bandung
Resepsi Peringatan Hari Pramuka 2024 Tingkat Kabupaten Bandung
Kursus Mahir Dasar Kwarran Cikancung Resmi Ditutup
Buka Pesta dan Bazar Pra Siaga Kwartir Cabang, Kak Emma Harap Pesta Pra Siaga Bentuk Generasi Hebat
Ketua Kwarcab Kab.Bandung Kak Emma Dety : Manfaatkan Teknologi Untuk Membuat Pelaporan Yang Akurat dan Cepat
Pecahkan Rekor 4.705 Pramuka Garuda Dilantik
Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya Tinjau Bulan Bakti Pramuka Di Kwarcab Kabupaten Bandung
Penilaian Kwarran Pramuka Tergiat 2024 Kwarcab Kabupaten Bandung, Tolok Ukur Ketertiban Administrasi Kwartir Ranting

Berita Terkait

Jumat, 18 Oktober 2024 - 18:45 WIB

Kwarcab Kabupaten Bandung Gelar Unjuk Kabisa Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) 2024

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:39 WIB

Buka Musyawarah Ranting Margahayu, Ini Pesan Saeful Bachri Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Bandung

Selasa, 15 Oktober 2024 - 00:30 WIB

Resepsi Peringatan Hari Pramuka 2024 Tingkat Kabupaten Bandung

Senin, 30 September 2024 - 12:09 WIB

Kursus Mahir Dasar Kwarran Cikancung Resmi Ditutup

Minggu, 29 September 2024 - 14:57 WIB

Buka Pesta dan Bazar Pra Siaga Kwartir Cabang, Kak Emma Harap Pesta Pra Siaga Bentuk Generasi Hebat

Berita Terbaru

Prabowo Subianto saat melakukan ucap janji sebagai presiden Republik Indonesia 2024-2029

Nasional

Prabowo Dilantik Jadi Presiden, Warga Optimis Indonesia Maju

Minggu, 20 Okt 2024 - 19:37 WIB